• Crowell Karstensen posted an update 2 years, 10 months ago

    Musisi Indonesia dewasa ini sudah mulai tidak sedikit mengalami keberuntungan terutama musisi milenial yang lagu-lagunya apalagi sudah biasa oleh kancah dunia. Benar dari banyaknya download lagu mereka tatkala situs internet. Kreativitas itu sudah tidak bisa dibilang lokalan sedang, karena globe internasional meski sudah mereguk karya-karya mereka.

    Yang menyombongkan adalah tersebut tidak tanggung-tanggung menggabungkan rupa lagu EDM yang segar dengan perlengkapan musik konvensional Indonesia. Sebelumnya kita hanya bisa merasai kedua musik modern serta tradisional dengan terpisah, contohnya musik tradisional hanya bisa didengar di acara wayang dan gamelan. Namun ternyata setelah digabungkan bisa menciptakan musik yang sangat lembut di
    gudang lagu .

    Satu diantara musisi yang langsung melenting lagunya sebab menggabungkan ke-2 genre musik tersebut adalah Weird Genius lewat lagunya Lathi tahun 2020. Di dalam sekejap, lagu ini sinambung banyak digemari oleh banyak diantara kita di Nusantara bahkan pendatang negeri, tampak dari viewer Youtubenya yang sudah mencapai 100 juta.

    Bahkan luruh lagu Lathi ini, musisi Weird Genius menjadi lebih terkenal dipadankan dengan lagu-lagu mereka yang sudah dirilis sebelumnya. Yang menarik daripada lagu tersebut adalah terusan musik gamelan yang disertai dengan nyanyian menggunakan bahasa Jawa. Di lagu itu, mereka bergabung dengan penyanyi yang berawal dari Surabaya, Sara Fajira dengan suaranya yang super merdu.

    Selanjutnya, nama yang sudah gak asing lagi dalam model musik EDM di Nusantara yaitu Dipha Barus juga tidak musnah mengeluarkan karyanya yang menghasilkan lagu perpadanan antara musik EDM dan tradisional. Dipha Barus sendiri sudah merangsang tujuan bermusiknya untuk menginformasikan musik Indonesia lewat musik yang digemari oleh hampir seluruh orang di bumi.

    Musik berjudul Money Honey milik Dipha ini memasukkan ciri khas rindik Bali, kemudian juga secara lagu Down yang berpegang tangan dengan Code, musisi pusat Amerika Serikat. Berikut secara karya terbarunya yang juga membenamkan rindik bali serta suling karo Landasan dalam miniatur Flower. Miniatur ini yaitu karyanya yang digarap rapi musisi Sam Jackie Castro dari Amerika Serikat.

    Allfy Rev pun merupakan salah satu musisi yang berhasil menciptakan karya remix antara musik EDM & tradisional seperti gamelan, anjungan, dan lain-lain. Melalui tolok ukur Beautiful We Are, Allfy menggandeng musisi bersuara nyarik Hanin Dhiya yang menyusun alunan musik budaya Bali, bahkan terdapat juga tanggapan dari tandak kecak.

    Bukan hanya itu saja, di tahun 2020 Allfy pun sempat mendaftarkan instrumen musik gamelan luruh lagu Mother Earth yang berhasil memikat hati penggemar musik EDM, terutama kita yang berasal dari Indonesia.

    Bukan dapat dipungkiri, kesuksesan musik mereka daripada banyaknya download mp3 pula berkat memilikinya sentuhan musik tradisional yang memberikan warna berbeda di dalam genre versi EDM. Maka itu lebih easy listening dan diterima oleh banyak padang.